Jazz for Babies: Pengaruh Positif Jazz untuk si Kecil

Penelitian membuktikan, bahwa musik memiliki efek positif terhadap kreativitas dan kecerdasan otak manusia. Tak hanya terbatas pada musik klasik, musik jazz adalah salah satu alternatif yang dapat Anda perkenalkan pada bayi sejak usia dini.

Jazz, telah lama dikenal sebagai salah satu genre musik yang sarat dengan improvisasi dan sarat manfaat positif, misalnya menstimulasi pikiran, menghilangkan stress, serta meningkatkan daya kreativitas. Oleh karenanya, tak ada salahnya jika Anda memperkenalkan musik jazz sedari dini, lewat seri Jazz for Babies. Lagu-lagu dalam seri Jazz for Babies diaransemen secara sederhana dan lembut, serta memiliki dream-like-vibe yang indah di telinga. Sejak diluncurkan pada 2013, album ini  mendapatkan respon positif. Salah satunya, dengan memenangkan 2013 National Parenting Publication awards ‘Best Audio’ for Children’s Product di Amerika Serikat.

Lalu apa bedanya dengan album musik khusus bayi lain? Sang produser album yang juga musisi jazz, Michael Janisch, mengungkapkan bahwa album ini khusus dirancang untuk telinga bayi. “Saat mencari album musik untuk calon bayi kami, saya kecewa karena begitu banyak jenis musik yang terdengar soulless alias tak berjiwa, computer-sounding dan menggunakan instrumen palsu dan synthesizers,” jelasnya seperti dikutip dari The Guardian. “Saya ingin membuat jenis musik yang dapat menenangkan, tak hanya untuk bayi namun juga untuk orang tuanya dan dapat diperdengarkan sebagai lullaby atau pengantar tidur. Karenanya, saya mengajak beberapa musisi jazz favorit saya untuk turut serta dalam proyek ini, dan merekam 75 lagu di studio dalam waktu 5 hari. Pada sepanjang sesi rekaman, saya selalu mengingatkan teman-teman musisi untuk memvisualisasikan bahwa penonton kami adalah bayi yang tengah tertidur.”

michael-janisch-jazz-for-babies-the-trumpet-album

Saya sendiri mulai mendengarkan dan memperdengarkan Jazz For Babies pada bayi pada saat kehamilan pertama mulai memasuki trimester kedua. Album yang saya pilih adalah versi The Guitar Album, karena gitar adalah alat musik kesukaan saya dan suami. Dan terbukti, album ini menjadi album favorit selama masa kehamilan, pasca melahirkan, menyusui, menidurkan anak hingga masa-masa menyapih, hingga hamil kedua sekarang ini!

Tak hanya menenangkan, kami pun merasa album ini memiliki bank manfaat untuk anak pertama kami. Misalnya, ia menjadi anak yg cukup mudah tertidur dan tenang di malam hari, terutama jika mendengar lagu-lagu dari Jazz For Babies. Selain itu, ia pun terlihat memiliki minat yang cutup tinggi pada musik, bahkan lebih tertarik untuk bersenandung dan bernyanyi dibandingkan belajar bicara. Secara keseluruhan, rasanya kami sepakat bahwa memperdengarkan musik jazz sejak ia masih di dalam kandungan memberi banyak pengaruh positif pada si kecil.

Jazz for Babies terdiri dari 5 buah album, yakni: The Saxophone Album, The Trumpet Album, The Vibraphone Album, The Piano Album, dan The Guitar Album. Masing-masing dari album ini berisikan lagu-lagu instrumental yang lembut dan menenangkan, yang dimainkan oleh musisi jazz kawakan international, yakni Michael Janisch, Paul Booth, Steve Hamilton, Jay Phelps, dan Phil Robson. Beberapa lagu yang diaransemen menjadi baby friendly jazz, misalnya: A Child is Born, Imagine, What A Wonderful World, God Bless The Child, dan masih banyak lagi.

Nah, jika Anda tertarik, silakan cari tahu lebih lanjut dan beli albumnya di http://www.jazzforbabies.org/ atau iTunes, ya.

 

Ami

http://www.sayaibu.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s