Mengatasi Konstipasi pada Ibu Hamil

Konstipasi sering kali membuat masa kehamilan Anda menjadi tidak nyaman. Bagaimana cara mencegah dan mengatasinya?

Konstipasi atau sembelit, adalah hal yang wajar dialami oleh ibu hamil. Penyebabnya, adalah kenaikan hormon progesterone yang melambatkan kerja saluran pencernaan. Selain itu, suplemen zat besi yang biasanya dikonsumsi ibu hamil juga merupakan faktor pencetus terjadinya konstipasi. Nah, agar masa kehamilan berjalan lancar, berikut beberapa cara untuk mengatasinya.

Banyak makan serat. Seorang calon ibu dianjurkan untuk makan 25 sampai 30 gram serat setiap hari. Beberapa contoh makanan yang mengandung serat misalnya, beras merah, buah dan sayuran segar (kiwi, pepaya, sawi, brokoli, dan sebagainya), sereal dan roti gandum utuh, agar-agar, yoghurt, serta dried fruit seperti prune dan kismis. Hindari atau kurangi konsumsi makanan yang dapat memadatkan feses, misalnya cokelat, tempe, pisang, apel serta roti tawar.

Minum lebih banyak air.  Jumlah air yang disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil adalah 8 hingga 12 gelas. Minum banyak air akan memperlancar kerja usus dan sistem pencernaan Anda. Selain air, calon ibu juga dapat mengonsumsi jus buah atau green juice yang terbuat dari sayur, serta minum air hangat yang dicampur dengan perasan lemon saat bangun di pagi hari.

Makan sedikit, tapi sering. Jika Anda telanjur mengalami konstipasi, cobalah untuk mengubah porsi makan menjadi lebih sedikit, namun sering. Misalnya, jadwal makan yang biasanya 3 kali sehari menjadi 6 kali sehari, namun dengan porsi yang dikurangi setengahnya. Tujuannya adalah untuk mengurangi beban kerja saluran pencernaan, sehingga konstipasi berhenti dan tak bertambah para.

Banyak bergerak. Hamil bukan berarti sakit. Kecuali  Anda mengalami kondisi medis yang mengharuskan Anda untuk bedrest, calon ibu sebaiknya tetap bergerak, misalnya dengan rutin berjalan kaki, berenang, senam hamil, atau melakukan peregangan sederhana dan yoga agar tetap fit, sekaligus membantu menstimulasi sistem pencernaan agar tetap lancar. Ibu hamil disarankan untuk berolahraga tiga kali seminggu selama 20 hingga 30 menit.

Konsultasi ke dokter. Jangan sembarang mengonsumi obat pencahar saat sedang hamil. Jika konstipasi tak kunjung membaik, Anda dapat mencoba berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat, misalnya dengan mengurangi dosis zat besi yang Anda konsumsi, dan sebagainya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s