Sharing: Gigi Anak Berubah Warna Setelah Terbentur

Punya satu anak balita yang sedang aktif-aktifnya memang kadang bikin deg-degan, yah. Seperti kejadian bulan di bulan Agustus kemarin, si kakak terjatuh di areal bermain sekolah. Menurut gurunya,  dia terjatuh sendiri karena keserimpet sehingga mulutnya terbentur dengan lantai dan sempat berdarah. Hiks. Syukurlah, para guru dan staf sekolah dengan sigap memberikan pertolongan pertama dengan es batu. Kakak pulang dengan bibir agak bengkak karena luka. Malamnya saya coba rawat dengan salep Kenalog saat dia sudah terlelap. No drama, anaknya tetap ceria, tidak mengeluh sakit plus makan dengan lahap.

Nah, dua minggu kemudian, baru saya sadar, kok salah satu gigi depannya berubah warna ya? Yang biasanya berwarna putih, berubah menjadi keabuan, terutama di bagian akar gigi. Langsung cari-cari tahu, dan saya akhirnya mengambil kesimpulan kalau giginya mengalami trauma saat terbentur.

Menurut situs Oral Answers, 8-30% anak berusia di bawah 7 tahun mengalami kecelakaan yang kemudian akan mencederai salah satu gigi susu mereka. Setelah gigi mengalami perdarahan, kandungan zat besi darah dapat masuk ke dalam lapisan dentin gigi sehingga membuat gigi berubah warna menjadi nampak abu-abu, abu tua, coklat, bahkan hitam. Perubahan warna ini biasanya baru akan terjadi 2-3 minggu setelah peristiwa terbentur terjadi.

Perubahan warna ini, bisa jadi sementara, namun bisa jadi permanen. Oleh karena itu, orang tua disarankan untuk membawa anak ke dokter gigi untuk melihat ada atau tidaknya tanda infeksi, misalnya pembengkakan pada gusi, atau jenis infeksi lainnya. Ketika saya membawa si kakak ke rumah sakit, dokter memutuskan untuk membiarkan trauma giginya karena gusi terlihat sehat dan tidak ada keluhan sakit dan susah makan. Phew! 

Jujur, saya sempat sedih. Saya sudah siap-siap kalau gigi si kakak berubah warna menjadi abu-abu yang lebih tua (dan akan terus begitu sampai giginya tanggal, hiks!) Padahal, selama ini giginya selalu dirawat dan rajin gosok gigi. Jadi tambah mellow, deh. Tapi syukurlah, 1,5 bulan setelah terbentur, yakni di akhir September gigi kakak pelan-pelan sudah kembali berwarna putih. Yay! Lega sekali, karena berarti giginya sembuh dari trauma.

IMG_0492

Keterangan foto: gigi susu si kakak yang smpat berwarna abu muda, sayang kurang jelas ya hihi. Syukurlah sekarang sudah kembali putih.

Semoga pengalaman sederhana ini bisa membantu ya, salam!

Ami

http://www.sayaibu.com

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s