Sharing: Pengalaman Fertility Massage atau Pijat Kesuburan

Apa itu fertility massage? Apa pengaruhnya pada kesehatan reproduksi wanita? Berikut ini adalah pengalaman saya melakukan self fertility massage atau pijat kesuburan sendiri berdasarkan ajaran Hethir Rodriguez C.H., C.M.T.

Saat dulu program hamil, salah satu usaha yang  saya lakukan adalah membuat organ reproduksi saya sehat untuk menyambut calon bayi. Sejak masih gadis, saya memang sering sekali mengalami nyeri haid yang hebat alias dysmenorrhea. Sakit di hari pertama bisa membuat saya hanya bisa tiduran dalam posisi meringkuk. Perut pun harus dikompres air hangat agar rasa nyerinya berkurang. It was super painful. Padahal, setelah di-USG oleh dokter, kondisi rahim terlihat baik-baik saja. Tapi kok sakit terus ya?

Sampai akhirnya, di awal tahun 2013, saya menemukan info mengenai self fertility massage di sini. Menurut Hethir yang seorang massage therapist dan doula, teknik-teknik pijat yang ia kembangkan mampu mendukung kesehatan alat reproduksi, siklus menstruasi dan kesuburan. Selain itu, pijat kesuburan ini secara umum akan meningkatkan sistem imun tubuh, mengurangi stress dan banyak lagi. Lebih jauh, self fertility massage ini ditujukan untuk mereka yang mengalami: endometriosis, PCOS, saluran tuba tersumbat, unexplained fertility, kista, kram menstruasi/haid, ketidakseimbangan hormon, dan masih banyak lagi.

Hmm, menarik.

Tapi aman nggak sih melakukan pijat kesuburan? Jujur saya bukan tipe orang yang suka dipijat karena anaknya ‘gelian’ dan tak tahan rasa sakit. Sayapun langsung konsultasi dengan obgyn saya saat itu, dr. Edhy Wibowo SpOG, di Duri Camp dan beliau menyatakan bahwa  pijat kesuburan yang dilakukan sendiri seperti ini aman, karena kita sendirilah yang memijat dan menentukan besar kecil tekanannya pada bagian perut. Dibandingkan dengan dipijat orang lain, self fertility massage juga lebih nyaman dan praktis.

Tak lupa, saya juga mengecek beberapa review customer yang membeli DVD self fertility massage di sini dan menemukan komentar-komentar positif yang bikin makin penasaran. Akhirnya, saya memutuskan untuk membeli video self fertility massage via instant download (bukan DVD yah, karena saya anaknya nggak sabaran, plus harganya lebih murah sedikit hihi). Kalau nggak salah tahun itu harganya kurang lebih 20 dolar. A little pricey, tapi ‘kan untuk tujuan yang positif ya kan?

Nah videonya sendiri berdurasi kurang lebih 20 menit, dengan beberapa gerakan pijat sederhana di sekitar pusar dan perut bawah. Selain gerakan pijat, video ini juga dilengkapi dengan cara membuat castor oil yang digunakan saat pijat serta panduan refleksologi yang berfokus pada titik-titik reproduksi, endokrin dan digestif pada telapak kaki. Refleksologi ini singkat kok, cuma sekitar 5 menit dan bisa dipraktikkan dengan bantuan suami atau pasangan. Jangan lupa pakai massage oil kesayangan, hihi. Oya karena sedang TTC alias trying to conceive alias promil, saya melakukan pijat ini pada hari terakhir haid hingga menjelang masa subur sesuai anjuran.

Hasilnya, selama kurang lebih 4 bulan mempraktikkan self fertility massage:

  • nyeri haid saya berkurang sangat signifikan, tidak nyeri melilit lagi.
  • haid terasa lebih lancar dan ‘bersih’.
  • tidur lebih nyenyak.
  • setelah 2 tahun menikah, saya hamil untuk pertama kalinya, pada bulan Agustus 2013.

Yup, jujur dalam beberapa bulan saja, saya merasakan dampak positif dari pijat hamil ini, sampai-sampai saya merekomendasikannya ke ke beberapa teman terdekat yang juga sedang TTC. Ada yang kini sudah memiliki bayi, ada juga yang belum. Saya percaya manfaatnya bisa berbeda-beda ke setiap orang, dan tentu saja dibarengi juga dengan berbagai upaya lain, baik secara medis (check up kesuburan pasutri, asupan makanan bergizi, rajin berolahraga, hindari stress dsb), maupun secara spiritual dengan mendekatkan diri dan berserah pada-Nya.

Note: Tolong dipahami, tulisan ini tidak bermaksud untuk menyatakan bahwa saya berhasil hamil sepenuhnya karena melakukan self fertility massage. Karenanya, saya tidak dapat menjamin 100% bahwa dengan self fertility massage maka pembaca yang tengah TTC atau promil akan hamil dengan mudah, ya. Ini hanyalah sekedar sharing karena saya merasa benar-benar mendapatkan manfaat yang besar yang saya yakini mendukung proses kehamilan saya. Jika Anda memang tertarik untuk mencoba, silakan dibaca terlebih dahulu detailnya di http://natural-fertility-info.com/fertility-massage dan berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum mencoba.

Sending baby dust your way,

Ami

http://www.sayaibu.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s