Tipe Ibu atau Mama di Instagram

Memangnya ada yah, tipe-tipe Ibu atau Mama di Instagram. Apa saja sih?

Yup. Menurut saya, ada beberapa tipe ibu atau mama yang bisa Anda jumpai di Instagram, tergantung dari konten yang mereka unggah. Oya daftar ini hanya untuk lucu-lucuan saja, ya! Karena fenomena Instamama ini memang sungguh menarik untuk ditelaah.

Si Ibu Montessori. Thanks to akun @indonesiamontessori, aliran Montessori jadi populer dan memiliki banyak pengikut di Indonesia. Personally, I think Montessori is great. Kakak pun kami sekolahkan di sekolah semi-Montessori dan kami ajak bermain dengan konsep Montessori sedari kecil. Cuma, jangan sampai terlalu ‘saklek’ terus akhirnya terlena dan malah jadi ajang pamer mainan/aparatus Montessori yang mahal-mahal, yaa (bahaya untuk kantong bu-ibuuu..hihi). Oh ya, selain di Instagram, banyak juga kok inspirasi permainan Montessori di Pinterest.

Si Ibu OOTD & Selfies. OOTD once in a week is cool. Sesekali unggah foto kembaran bareng si kecil pun sah-sah saja. Gemas malah. Tapi kalau hampir setiap hari, plus endless selfies termasuk di Instastory? (Ada, ada!) Jujur ini adalah tipe ibu-ibu yang bisa jadi agak ‘gengges’ lho.. Karena menurut banyak sekali riset, berbagi selfie alias swafoto yang berlebihan bisa membuat para teman atau follower kita jadi tidak nyaman, misalnya seperti ditulis di sini. Nah, kecuali Anda adalah seorang (aspiring) beauty influencer, yuk berbagi selfie secara bijak.

Si Ibu Crafty alias Terampil. Saya paling suka melihat ibu-ibu terampil di Instagram, terutama yang keterampilannya kemudian bisa dijadikan sarana olah kreativitas bersama anak. Misalnya, akun @maliyanti atau @clefy_theartganta. Jujur, melihat akun mereka malah jadi ikut semangat dan tertantang bikin craft terutama sama kakak yang belakangan sudah mulai terampil menggunting. Kalau Anda punya rekomendasi Ibu Crafty di Instagram, silakan berbagi di komentar, ya.

Si Ibu Foodie. Satu lagi kesukaan saya selain Ibu Crafty. Dari dulu saya adalah pengikut akun @dapurmacan beserta para foundernya, dan mereka ini benar-benar ‘junjungan-que’ banget, apalagi kalau menyangkut soal MPASI dan inspirasi bekal snack ke sekolah. Para Ibu Foodie ini juga banyak yang akhirnya jadi entrepreneur lho, terbukti akhirnya ada yang kemudian menjual olahan homemade food mereka secara online, padahal sebelum punya anak banyak yang mengaku nggak bisa masak. Inspiring, kan?

Si Ibu Endorser. Nah banyak juga lho, Instamama yang kemudian populer dan banjir tawaran endorsements. Apalagi sekarang ini siapapun punya kesempatan menjadi ‘selebgram’ ataupun ‘reviewer produk’ dengan modal kamera, selera visual, dan penulisan konten yang bagus. Namun tetap saja sebagai Ibu, menurut saya para Instamama sebaiknya bijak dalam menerima tawaran. Jangan sampai terlalu mengekpos si kecil di media sosial. Kita belum tahu seperti apa dampaknya ke depan, kan.. Plus harus punya thick skin karena makin terkenal dan ‘aneh-aneh’ biasanya membuka risiko untuk diomongin (yang suka mampir DF alias detik forum pasti paham, hihi).

Nah kalau saya?

Saya cukup menasbihkan diri sebagai Ibu Campur-campur. Jujur, saya tidak memiliki kemampuan yang mumpuni di salah satu bidang di atas. Dan saya bukan tipe yang dikit-dikit unggah, karena nggak sempat! Hahaha. Karenanya, apapun tipenya, saya salut pada ibu-ibu keren yang menjadikan Instagram sebagai ladang pencaharian mereka. Ibu, you rocks!

 

Salam Ibu Campur,

Ami

http://www.sayaibu.com

 

Catatan: Bagi yang bertanya-tanya (kalau sudah baca ini), saya akhirnya ‘kembali’ ke Instagram, bersih-bersih akun following, dan sering-sering log out. Intinya, Instagram is cool dan dan inspiratif, namun kita harus bijak menggunakannya. Because life’s short, so  keep your loved one closer and stop following or clicking posts from people that grind your gears.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s